Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
BBPP Kupang gelar pelatihan
Berita Dan Informasi | Selasa, 10 April 2018 - 00:31 | Dibaca 61 kali
Balai Pelatihan Peternakan ,KecamatanTobelo Barat Desa Kusuri Kab. Halmahera Urata.
 
Pelatihan Teknis Tematik Peternakan Angkatan XXV dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Halmahera Utara yang diikuti oleh 30 orang peternak yang berasal dari Kab. Halmahera Utara.
Kegiatan tersebut dilksanakan dalam rangka mendukung program UPSUS SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting)
 
Kepala Dinas Pertanian Ir. Valentino E. Leiwakabesy, MMA menyampaikan apresiasi dan menyambut baik karena dengan program pemerintah pusat melaui BBPP Kupang dapat membantu peternak yang ada di Kab. Halmahera Utara untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang peternakan.
 
Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Halmahera Utara, Samud Taha Sangaji, SP., M. Si, MMA, Kepala BBPP Kupang Dr. Ir. Adang Warya, MM dan Kabag Umum BBPP Kupang, H. Muhammad Ukkas, S. Pi., M. Si. 
 
Dalam Arahan Kepala BBPP Kupang, menyampaikan bahwa, pada tahun 2018 BBPP Kupang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik sebanyak 34 Angkatan, (1020) orang yang tersebar di 10 propinsi dari 11 Wilayah kerja BBPP Kupang yakni; NTT, NTB, Bali, Sulsel, Sulut, Sulteng, Sultra, Sulbar, Maluku, Maluku Utara. Dari 11 propinsi tersebut, terdapat satu propinsi yakni Gorontalo yang tidak mendapat alokasi anggaran kegiatan tahun ini karena sudah mendapat alokasi kegiatan UPSUS SIWAB pada tahun Anggaran 2017 lalu. 
 
Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pelatihan Teknis Tematik Peternakan ini menggunakan metode pelatihan orang dewasa dengan materi yang disesuaikan dengan masalah dan kebutuhan di daerah peternak, sehingga diharapkan setelah pelatihan ini peternak mampu memecahkan masalah peternakan pada umumnya khususnya program SIWAB.
 
 Adapun materi yang disampaikan kepada peserta meliputi, Kebijakan Pembangunan Peternakan, Moral dan Etika, (Materi Dasar) dan Materi Inti yang meliputi Kelayakan Akseptor, Pakan, Pengelolaan Reproduksi dan Teknik Pendampingan.
 
Dalam acara pembukaan yang di gelar pada hari Rabu (3/4/2018) ,Kepala Dinas Pertanian menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada 2 orang peserta atas nama Alfons Patarima dan ibu Lenora Lainata yang didampingi Kepala BBPP Kupang, Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Umum BBPP Kupang dan Kabid Peternakan Halmahera Utara.
 
Sedangkan materi inti dalam pelatihan tersebut, disampaiakn oleh fasilitator Koce E. Sanaky, S.Pt, dan M. Taher Papalia, S.Pt. yang sebelumnya telah mengikuti Bimtek Tematik Peternakan selama 1 minggu  di BBPP Kupang. Berjalannya kegiatan tersebut,  didukung oleh petugas BBPP Kupang, Yosep Ta’a dan Adrianus Antoin Romea beserta Panitia Lokal di Kab. Halmahera Utara.(diskominfo)
 

 

Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara