Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Anjang Karya Penyuluh Pendamping Lapangan SOLID Tahap I
Artikel | Selasa, 07 Juni 2016 - 00:10 | Dibaca 425 kali

Performa SOLID semakin menunjukkan kualitas pengembangan program pemberdayaan petani kecil yang sudah 6 tahun berkarya di bumi Hibualamo. Untuk mencapai tujuan Kegiatan Peningkatan Kesejahteraan Petani Kecil (PKPK/SOLID), maka anggota Kelompok Mandiri (KM) harus mampu menerapkan teknologi, berinovasi dalam mengelola produk yang berkualitas serta membangun jaringan pemasaran. Informasi teknologi dan  pemasaran  yang disampaikan oleh Penyuluh Pendamping harus benar-benar menyentuh langsung di Kelompok Mandiri sehingga berbagai kegiatan pengembangan diri dan kapasitas terhadap tenaga Penyuluh Pendamping Lapangan (PPL) dalam tugas mendampingi desa binaan SOLID semakin ditingkatkan.

Anjang Karya adalah kunjungan yang terencana pada tempat-tempat usaha petani atau kelompok dan usaha bidang pertanian lainnya. Anjang Karya merupakan sebuah metode penyuluhan dan akan lebih efektif ketika ada pada tahap penilaian untuk mempengaruhi pikiran dan keterampilan  Peserta, sasaran atau Kelompok Mandiri yang dikunjungi. Pelaksana SOLID dalam hal ini Officer Pemberdayaan masyarakat dan gender, Selaku Ketua Panitia : Syarief Gurret, A.Md dan assisten pemberdayaan ; Klance Humune, S.Hut bersama pelaksana SOLID Kabupaten, Konsultan Pertanian dan Perkebunan, tenaga PPL yang adalah peserta Anjang Karya berkunjung ke Ibukota Kabupaten Halmahera Tengah, Weda dalam rangka melaksanakan Kegiatan Anjang Karya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei – 20 Mei 2016 dengan total Peserta Anjang Karya SOLID Kabupaten Halmahera Utara berjumlah 25 Peserta. Sasaran Kegiatan ini adalah Penyuluh Pendamping Lapangan yang mendampingan 20 Desa Binaan SOLID. Metode yang digunakan dalam Anjang Karya bagi PPL antara lain : Pemaparan materi oleh Narasumber, tanya jawab/diskusi dan kunjungan lapangan atau tempat usaha   tani.

5 Desa di Kabupaten Halmahera Tengah menjadi Desa tujuan Kegiatan Anjang Karya oleh karena Kabupaten Halmahera Tengah merupakan salah satu Kota yang mendapatkan Proyek SOLID /Peningkatan Kesejahteraan Petani Kecil (PKPK) selain dari Kabupaten Halmahera Utara.  5 Desa yang dikunjungi antara lain : Desa Binaan SOLID Kabupaten Halmahera Tengah : Desa Sosowomo, Desa Leleo, Desa Nusliko dan Desa di Luar SOLID ; Desa Wairoro Indah dan Kluting Jaya. Tujuan utama mengunjungi Desa Binaan SOLID adalah untuk melihat kegiatan usahatani yang dilaksanakan oleh Kelompok mandiri, komoditas yang diunggulkan di Desa tersebut, penerapan teknologi yang digunakan dalam usaha produksi pertanian, manajemen keuangan dan organisasi kelompok, pengelolaan usaha simpan pinjam serta keberhasilan dalam membangun jejaring pemasaran. Anjang Karya memberi manfaat bagi peserta untuk saling berbagi pengalaman, kendala dan keberhasilan selama proses pendampingan sehingga saling mempengaruhi anggota Kelompok maupun PPL untuk menindaklanjuti, serta berupaya, berkreasi dan berinovasi dalam membangun masyarakat pertanian yang mandiri pangan dan berwawasan. Demikian dengan Desa Di luar binaan SOLID, Peserta Anjang Karya dapat melihat keberhasilan Kelompok tani yang melihat peluang pasar sehingga kelompok ini menjadi pionir dalam usaha kegiatan produksi pertanian  terutama dalam usaha pertanian tanaman buah Jeruk Manis dan buah naga.

SOLID Kabupaten Halmahera Utara dalam upaya mensosialisasikan  dan memperkenalkan Program Peningkatan Kesejahteraan Petani Kecil yang telah berjalan selama 6 tahun di daerah ini melakukan Kerjasama dengan Buletin Pemda pada Bagian Informasi dan Komunikasi Pemerintah Daerah Halmahera Utara untuk menerbitkan berita seputar pelaksanaan kegiatan SOLID di tahun anggaran 2016 . Adapun tujuan publikasi kegiatan SOLID melalui media massa  maupun Buletin Pemda agar masyarakat mengetahui tentang perkembangan dan pelaksanaan kegiatan SOLID bahkan secara tidak langsung bentuk dukungan dan fungsi pengawasan dari Stake Holder  untuk mengawal program pemberdayaan masyarakat dalam lingkup pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.    

Diharapkan melalui kegiatan Anjang Karya ini dapat membuka wawasan dan menambah pengalaman Penyuluh Pendamping Lapangan (PPL) guna mengembangkan usaha Kelompok Mandiri dan Federasi. Penyuluh Pendamping Lapangan dapat  membandingkan pendampingan dilokasi sasaran kegiatan anjang karya sehingga menjadi pembanding bagi PPL sendiri agar dapat menerapkan metode pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama Kelompok Mandiri yang dibina dan didampingi.n(Jr)


 

Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara