Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Lauching Desa Wosia Sebagai Pilot Project dan Desa Inovasi Desa Popilo Dalam Program Desa Bersinar
Berita Dan Informasi | Kamis, 30 September 2021 - 02:28 | Dibaca 577 kali

Kominfosandi -

Dua desa dari 197 desa di Kabupaten Halmahera Utara dinobatkan sebagai Pilot Project dan  desa Inovasi Bersih Narkoba (Bersinar) oleh BNN Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Pemda Halut.

 
Selain launching desa Bersinar dan desa Inovasi, kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Fredy Tjandua (29/9) juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman BNN Provinsi Malut dengan Pemda Halut tentang Kabupaten/kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan).
 
Penyerahan sertifikat diterima oleh kepala desa Wosia yang di dampingi oleh Camat Tobelo Tengah dan kepala desa Popilo yang didampingi Camat Tobelo Utara. Kemudian acara berlanjut dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang Kabupaten Tanggap ancaman Narkoba(Kotan) Oleh Pemda Halut dan kepala BNN Provinsi Malut yang didampingi oleh kepala BNNK Halut Maximillian Sahese, AP.
 
Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih atas kehadirian kepala BNN Provinsi Malut di daerah ini. Selanjutnya Bupati memaparkankan tentang keadaan geografis Halut yang terbentang sepanjang 314 km dan satu kecamatan ada di pulau yaitu Kecamatan Loloda Kepulauan.
 
 Keadaan wilayah ini tentu sangat rawan terhadap peredaran Narkoba, karena itu dengan adanya program desa Bersinar sebagai Pilot Project dan Inovasi serta penandatanganan nota kesepahaman Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan), kami menyambut baik, ucap Bupati
 
Sedangkan kepala BNN Provinsi Brigjen pol Wisnu Handoko, S.IK. MM menyatakan implementasi Inpres no 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN tahun 2020-2024. Kotan adalah program nasional. Kotan memiliki arti kabupaten/kota Tanggap Ancaman Narkoba. Melalui program ini, dapat dilihat ketanggapan suatu daerah. Ada lima variabel dalam menilai ketanggapan suatu daerah terhadap ancaman dan bahaya penyalagunaan Narkoba. Ketahanan Masyarakat yang berinteraksi. Kemudian meningkat lagi menjadi ketahanan wilayah. Ketahanan kelembagaan sampai ketahanan hukumnya. Untuk itu mari kita bersama sama berantas penyalagunaan Narkoba.
 
Pencanangan desa Bersinar dan desa Inovasi hari ini menjadi pilot project agar kedepan minimal satu kecamatan ada satu desa Bersinar.
 Semoga semua Desa akan Bersinar, Kabupaten Bersinar, Provinsi Bersinar dan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara
Jl. Kawasan Pemerintahan No.1A Tobelo