Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Publikasi
Galery Foto & Video
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
Bursa Inovasi Desa
Berita Dan Informasi | Senin, 15 Oktober 2018 - 12:47 | Dibaca 150 kali

Pemeda Halut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 di Gedung Poligrand , Desa MKCM Kecamatan Tobelo Senin (15/10).

Dengan mengangkat  tema" Refleksi 2 Tahun Program Inivasi Desa (PID) Di Bumi Hibualamo Menuju Halmahera Utara Mantap " Acara Bursa Inovasi Desa  dibuka langsung Bupati Halut Frans Manery , yang dihadiri Ketua DPRD Kab. Halut Yulius Dagilaha , Kepala SKPD dan ASN di lingkup Pemkab Halut, Camat serta 196 Kepala Desa (Kades) seHalut dan para Pendamping Desa.

Kadis DPMD Kab. HalutNyoterKoenoe yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa 2018 dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah tempat pertukaran informasi dan pengetahuan antar desa, kecamatan dalam hal melaksanakan program-program inovasi di desa.

“Tujuannya untuk mendorong pemanfaatan dan penggunaan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui kegiatan inovatif dan produktif ,” jelas Kadis DPMD Halut. Nyoter juga menambahkan , PID ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas desa serta peningkatan kualitas SDM sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemandirian ekonomi, serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

“pengelolaan pertukaran pengetahuan dan inovasi desa dan penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa dengan tujuan agar desa-desa mendapatkan jasa layanan teknis yang lebih berkualitas dari lembaga profesional,”jelasnya.

Sementara Bupati Halut Frans Manery pada sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik kegiatan Bursa Inovasi Desa kali kedua  yang di gelar DPMD Halut ini. "Tahun kedua penyelenggaraan Bursa inovasi desa di halut kita perlu melakukan Evaluasi bersama apa yang menjadi progres selama setahun setelah di lakukannya Bursa inovasi Desa , dan manfaat yang di dapatkan ", Jelas Bupati. kita perlu mencermati betul arahan-arahan yang telah disampaikan, serta Kesesuaian data yang falid perlu kita kembangkan untuk menunjang setiap program inovasi di masing-masing desa, katanya.

Ia juga berharap, agar Kepala Desa beserta para Pendamping Desa supaya dapat bekerjasama agar semua program dari baik dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) maupun dari APBD Kab. Halut bisa dilaksanakan dengan baik.

“Saya sangat berharap para kepala Desa dan tenaga pendamping untuk dapat bekerja sama dengan baik untuk membuat program pembangunan PID terkait sarana dan prasarana pembangunan infrastruktur di desa , Terutama dalam mengembangkan kreasi dalam menyusun rencana pembangunan,” ucap Bupati.

Pembukaan Bursa Inovasi Desa 2018 kabupaten Halmahera Utara di Tandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Halut yang di dampingi Ketua DPRD Kab. Halut bersama unsur ForkopimdaHalut.(gus/alle) 

Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara